Minggu, 27 Maret 2011

SEKILAS TENTANG KRIPTOGRAFI

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh…
Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur khadirat Allah.swt yang selalu melimpahkan karunia-Nya dan nikmat2-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berjumpa dan berkumpul di ruangan ini…..???. eeeee…hihi.. mav, maksud saya: sehingga kita semua dapat berjumpa & berkumpul walau hanya di dunia maya saja, namun sungguh ku nanti perjumpaan langsung denganmu layaknya siaran sepakbola. Lanjut, tak lupa syalawat serta salam marilah kita haturkan kepada nabi besar Muhammad.saw beserta keluarganya, sahabatnya, dan InsyaAllah termasuk kita semua…..Amin…..
Melihat betapa pesatnya perkembangan dunia maya sekarang ini, membuat hidup kita semakin mudah saja. Sangat banyak sekali perubahan yang terjadi dalam hidup manusia akibat semakin modernnya tekhnologi informasi terutama yang berhubungan dengan internet atau dunia maya. Dunia manusia makin bergantung pada dunia maya dan semakin banyak juga orang2 yang memanfaatkan dunia maya ini untuk kepentingan pribadi. Tentunya, semakin banyak kejahatan maka semakin waspadalah pula kita dalam berkegiatan di dunia maya apalagi yang berhubungan dengan transaksi yang berkaitan dengan informasi penting.
Maka, dengan adanya keadaan yang tidak di ada-adakan seperti itu, orang2 mulai memikirkan cara untuk mengamankan informasi2 penting yang mereka kirim agar tidak bocor ke pihak lain. Munculah kriptografi sebagai salah satu solusi untuk pengamanan data. Kriptografi merupakan ilmu yang mempelajari teknik matematika untuk mengamankan informasi yang kita kirimkan.Namun ada juga yang berpendapat bahwa Kriptografi merupakan seni & ilmu tentang cara2 menjaga keamanan. Dalam Kriptografi terdapat dua buah proses yaitu enkripsi dan dekripsi. Enkripsi yaitu proses pengubahan informasi menjadi bentuk lain sehingga isi informasi yang sebenarnya tidak di ketahui. Dekripsi merupakan kebalikan dari Enkripsi , Dekripsi merupakan proses pengubahan data dari bentuk lain menjadi data yang sebenarnya yaitu informasi. Selain Enkripsi & Dekripsi, ada juga beberapa istilah penting yang terdapat pada Kriptografi yaitu:Plainteks, Cipherteks, key(kunci). Plainteks adalah data atau informasi asli yang akan di kirim. Cipherteks merupakan data hasil enkripsi. Sedangkan Key(kunci) yaitu suatu bilangan yang di rahasiakan, dan di gunakan untuk proses Enkripsi dan Dekripsi. Di dalam Kriptografi terdapat beberapa jenis Kriptografi yaitu Kriptografi Simetris, Kriptografi Asimetris, Kriptografi Hibrid.
KRIPTOGRAFI SIMETRIS
Kriptografi Simetris adalah kriptogafi yang menggunakan kunci yang sama untuk proses Enkripsi & Dekripsi. Kunci pada Kriptogarfi ini disebut sebagai private key. Sebelum berkomunikasi kedua pihak harus bersepakat lebih dahulu tentang kunci yang dipergunakan. Pendistribusian kunci dari satu pihak ke pihak lainnya memerlukan suatu kanal tersendiri yang terjagaan kerahasiaannya. Kriptograf Simetris juga memiliki nama2 lain diantaranya Kriptografi kunci rahasia, Kriptografi kunci tunggal atau Kriptografi satu kunci. enkripsi dan deskripsi pada Kriptografi ini biasanya merupakan algoritma yang sudah umum diketahui, namun kunci yang dipakai harus terjaga kerahasiaanya, dan hanya diketahui oleh pihak pengirim dan penerima saja. Kelebihan Kriptografi ini terletak pada proses Enkripsi dan Dekripsi yang relative cepat, hal tersebut di karenakan efisiensi yang terdapat pada pembangkit kunci. Oleh sebab itu, Kriptografi ini cocok untuk digunakan pada sistem komunikasi digital secara real time seperti GSM.
KRIPTOGRAFI ASIMETRIS
Berbeda dengan Kriptografi simetris, Kriptografi asimetrik disebut juga algoritma kunci publik. Disebut kunci publik karena kunci yang digunakan pada proses enkripsi dapat diketahui oleh orang banyak tanpa membahayakan kerahasiaan kunci dekripsi, sedangkan kunci yang digunakan untuk proses dekripsi hanya diketahui oleh pihak tertentu saja, biasanya mereka adalah orang2 yang berhak menerima informasi yang di kirim. Jikalau ada pihak lain yang mengetahui kunci publik saja, jangan khawatir karena hal tersebut tidak cukup untuk menentukan kunci rahasia. Pasangan kunci publik dan kunci rahasia menentukan sepasang transformasi yang merupakan invers satu sama lain, namun tidak dapat diturunkan satu dari yang lain. Dalam sistem kriptografi kunci publik ini, proses enkripsi dan dekripsi menggunakan kunci yang berbeda, namun kedua kunci tersebut memiliki hubungan matematis.
KRIPTOGRAFI HIBRID

Kriptografi ini mengggabungkan Kriptografi simetrik dan asimetrik. Proses ini dimulai dengan negosiasi menggunakan Kriptografi asimetrik dimana kedua belah pihak setuju dengan private key yang akan dipakai. Kemudian Private key digunakan dengan teknik Kriptografi simetrik untuk mengenkrip data selanjutnya. Suatu private key hanya dipakai sekali saja. Untuk selanjutnya private key harus dibuat kembali.
Itu saja dari saya semoga dapat membantu, mav bila ada yang salah. Nama’a juga manusia…
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh…

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes